Pesan untuk kamu yang tidak lolos SBMPTN

Sbmptn memang favorit para lulusan sma di Indonesia. Hampir setiap siswa lulusan sma mendambakan ingin mendapatkan nilai terbaik di sbmptn, ingin lolos seleksi, ingin diterima dan masuk ke perguruan tinggi negeri.

Dulu, salah satu alasan dan motivasi terkuat untuk masuk ke perguruan tinggi negeri adalah masalah ekonomi. Dulu, kuliah di perguruan tinggi swasta itu mahal.

Dulu, kuliah di perguruan tinggi negeri itu murah sehingga perguruan tinggi negeri menjadi target utama bagi mereka yang berlatarbelakang ekonomi tidak mampu.

Tak heran bila kita sering mendengar kisah "dulu orang tua saya tidak mampu, jadi kalau mau kuliah harus di kampus negeri".

Namun sekarang, kuliah di beberapa kampus negeri justru lebih mahal daripada di kampus swasta. Kampus kampus negeri juga banyak didominasi oleh anak anak orang kaya yang berhasil masuk melalui jalur mandiri.

Jika anda adalah salah satu yang gagal sbmptn, janganlah bersedih.

Sungguh, masalah lulus atau tidak, jika sudah terjadi itu bukanlah kehendak anda melainkan kehendak Allah yang lebih mengetahui apa yang sebenarnya terbaik untuk anda.

Memang, anda dituntut untuk berikhtiar dan berdoa. Yang berarti anda tidak boleh pasrah begitu saja.

Apabila anda sudah berusaha dan berdoa dengan amat sangat bersungguh sungguh dan dengan amal perbuatan kebajikan lainnya dengan penuh ketulusan dan keikhlasan tetapi anda tidak lulus, sekalipun orang tua anda mendoakan dengan sepenuh usaha dan dengan bersedekah dengan ikhlas, Maka ketidaklulusan anda adalah jalur terbaik yang diberikan oleh Allah kepada anda.

Bisa jadi karena jalur tersebut tidak baik untuk anda, atau bisa jadi memang waktunya tertunda. Bisa jadi tahun depan baru bisa lulus.

Berarti harus terus mencoba? Ya, jika anda berkeyakinan demikian, maka cobalah lagi tahun depan dengan persiapan yang sangat matang.

Bagaimana jika setelah mencoba lagi dan ternyata gagal lagi? Jika anda masih berkeyakinan masih akan bisa lolos, maka silahkan coba lagi tahun depan.

Berarti selama beberapa tahun mencoba, saya tidak kuliah?
Tentu anda bisa nyambi kuliah.

Tapi, tentunya energi anda akan habis untuk mengikuti kegiatan wajib perkuliahan, dan pastinya anda tidak akan bisa maksimal.

Saran saya.. sudahlah!

Yang harus anda yakini adalah pilihan Allah adalah yang terbaik.

0 Response to "Pesan untuk kamu yang tidak lolos SBMPTN"

Post a Comment